Home > iseng, lingkungan > Dampak Global Warming bagi Bumi

Dampak Global Warming bagi Bumi

February 22, 2009 Leave a comment Go to comments

Fakta #1: Mencairnya es di kutub utara & selatan
Pemanasan Global

berdampak langsung pada terus mencairnya es di daerah kutub utara dan kutub selatan. Es di Greenland yang telah mencair hampir mencapai 19 juta ton! Dan volume es di Artik pada musim panas 2007 hanya tinggal setengah dari yang ada 4 tahun sebelumnya!

Mencairnya es saat ini berjalan jauh lebih cepat dari model-model prediksi yang pernah diciptakan oleh para ilmuwan. Beberapa prediksi awal yang pernah dibuat sebelumnya memperkirakan bahwa seluruh es di kutub akan lenyap pada tahun 2040 sampai 2100. Tetapi data es tahunan yang tercatat hingga tahun 2007 membuat mereka berpikir ulang mengenai model prediksi yang telah dibuat sebelumnya.

Para ilmuwan mengakui bahwa ada faktor-faktor kunci yang tidak mereka ikutkan dalam model prediksi yang ada. Dengan menggunakan data es terbaru, serta model prediksi yang lebih akurat, Dr. H. J. Zwally, seorang ahli iklim NASA membuat prediksi baru yang sangat mencengangkan:

HAMPIR SEMUA ES DI KUTUB UTARA AKAN LENYAP PADA AKHIR MUSIM PANAS 2012!

Baru-baru ini sebuah fenomena alam kembali menunjukkan betapa seriusnya kondisi ini. Pada tanggal 6 Maret 2008, sebuah bongkahan es seluas 414 kilometer persegi (hampir 1,5 kali luas kota Surabaya) di Antartika runtuh.

Menurut peneliti, bongkahan es berbentuk lempengan yang sangat besar itu mengambang permanen di sekitar 1.609 kilometer selatan Amerika Selatan, barat daya Semenanjung Antartika. Padahal, diyakini bongkahan es itu berada di sana sejak 1.500 tahun lalu. “Ini akibat pemanasan global,” ujar ketua peneliti NSIDC Ted Scambos. Menurutnya, lempengan es yang disebut Wilkins Ice Shelf itu sangat jarang runtuh.

Sekarang, setelah adanya perpecahan itu, bongkahan es yang tersisa tinggal 1.950 kilometer persegi, ditambah 5,6 kilometer potongan es yang berdekatan dan menghubungkan dua pulau. “Sedikit lagi, bongkahan es terakhir ini bisa turut amblas. Dan, separo total area es bakal hilang dalam beberapa tahun mendatang,” ujar Scambos.

“Beberapa kejadian akhir-akhir ini merupakan titik yang memicu dalam perubahan sistem,” ujar Sarah Das, peneliti dari Institut Kelautan Wood Hole. Perubahan di Antartika sangat kompleks dan lebih terisolasi dari seluruh bagian dunia.

Antartika di Kutub Selatan adalah daratan benua dengan wilayah pegunungan dan danau berselimut es yang dikelilingi lautan. Benua ini jauh lebih dingin daripada Artik, sehingga lapisan es di sana sangat jarang meleleh, bahkan ada lapisan yang tidak pernah mencair dalam sejarah. Temperatur rata-ratanya minus 49 derajat Celsius, tapi pernah mencapai hampir minus 90 derajat celsius pada Juli 1983. Tak heran jika fenomena mencairnya es di benua yang mengandung hampir 90 persen es di seluruh dunia itu mendapat perhatian serius peneliti.

Urutan gambar satelit proses keruntuhan Wilkins Ice Shelf. Gambar besar di sebelah kiri diambil pada tanggal 6 Maret 2008. NSIDC mengambil gambar-gambar ini melalui satelit Aqua dan Terra milik NASA.

Fakta #2: Meningkatnya level permukaan laut.

Mencairnya es di kutub utara dan kutub selatan berdampak langsung pada naiknya level permukaan air laut (grafik di samping menunjukkan hasil pengukuran level permukaan air laut selama beberapa tahun terakhir). Para ahli memperkirakan apabila seluruh Greenland mencair. Level permukaan laut akan naik sampai dengan 7 meter! Cukup untuk menenggelamkan seluruh pantai, pelabuhan, dan dataran rendah di seluruh dunia.

Fakta #3: Perubahan Iklim/cuaca yang semakin ekstrim
NASA menyatakan bahwa pemanasan global berimbas pada semakin ekstrimnya perubahan cuaca dan iklim bumi. Pola curah hujan berubah-ubah tanpa dapat diprediksi sehingga menyebabkan banjir di satu tempat, tetapi kekeringan di tempat lain. Topan dan badai tropis baru akan bermunculan dengan kecenderungan semakin lama semakin kuat.

Tanpa diperkuat oleh pernyataan NASA di atas-pun Anda sudah dapat melihat efeknya pada lingkungan di sekitar kita. Anda tentu menyadari betapa panasnya suhu disekitar Anda belakangan ini. Anda juga dapat melihat betapa tidak dapat di prediksinya kedatangan musim hujan ataupun kemarau yang mengakibatkan kerugian bagi petani karena musim tanam yang seharusnya dilakukan pada musim kemarau ternyata malah hujan. Anda juga dapat mencermati kasus-kasus badai ekstrim yang belum pernah melanda wilayah-wilayah tertentu di Indonesia. Tahun-tahun belakangan ini kita semakin sering dilanda badai-badai yang mengganggu jalannya pelayaran dan pengangkutan baik via laut maupun udara.

Bila fenomena dalam negeri masih belum cukup bagi Anda, Anda juga dapat mencermati berita-berita internasional mengenai bencana alam. Badai topan di Jepang dan Amerika Serikat terus memecahkan rekor baru dari tahun ke tahun. Anda dapat mencermati informasi-informasi ini melalui media masa maupun internet. Tidak ada satu benua pun di dunia ini yang luput dari perubahan iklim yang ekstrim ini.

Fakta #4: Gelombang Panas menjadi Semakin Ganas
Pemanasan Global mengakibatkan gelombang panas menjadi semakin sering terjadi dan semakin kuat. Tahun 2007 adalah tahun pemecahan rekor baru untuk suhu yang dicapai oleh gelombang panas yang biasa melanda Amerika Serikat.

Daerah St. George, Utah memegang rekor tertinggi dengan suhu tertinggi mencapai 48° Celcius! (Sebagai perbandingan, Anda dapat membayangkan suhu kota Surabaya yang terkenal panas ‘hanya’ berkisar di antara 30°-37° Celcius). Suhu di St. George disusul oleh Las Vegas dan Nevada yang mencapai 47° Celcius, serta beberapa kota lain di Amerika Serikat yang rata-rata suhunya di atas 40° Celcius. Daerah Death Valley di California malah sempat mencatat suhu 53° Celcius!.

Serangan gelombang panas kali ini bahkan memaksa pemerintah di beberapa negara bagian untuk mendeklarasikan status darurat siaga 1. Serangan tahun itu memakan beberapa korban meninggal (karena kepanasan), mematikan ratusan ikan air tawar, merusak hasil pertanian, memicu kebakaran hutan yang hebat, serta membunuh hewan-hewan ternak.

Pada tahun 2003, daerah Eropa Selatan juga pernah mendapat serangan gelombang panas hebat yang mengakibatkan tidak kurang dari 35.000 orang meninggal dunia dengan korban terbanyak dari Perancis (14.802 jiwa). Perancis merupakan negara dengan korban jiwa terbanyak karena tidak siapnya penduduk dan pemerintah setempat atas fenomena gelombang panas sebesar itu. Korban jiwa lainnya tersebar mulai dari Inggris, Italia, Portugal, Spanyol, dan negara-negara Eropa lainnya. Gelombang panas ini juga menyebabkan kekeringan parah dan kegagalan panen merata di daerah Eropa.

Mungkin kita tidak mengalami gelombang-gelombang panas maha dahsyat seperti yang dialami oleh Eropa dan Amerika Serikat, tetapi melalui pengamatan dan dari apa yang Anda rasakan sehari-harinya. Anda dapat juga merasakan betapa panasnya suhu di sekitar Anda. Cobalah perhatikan seberapa sering Anda mendengar ataupun mungkin mengucapkan sendiri kata-kata seperti: “Panas banget ya hari ini!”

Apabila Anda kebetulan bekerja di dalam ruangan ber-AC dari pagi hingga siang hari sehingga Anda tidak sempat merasakan panasnya suhu belakangan ini, Anda dapat menanyakannya kepada teman-teman ataupun orang disekitar Anda yang kebetulan bekerja di luar ruang. Orang-orang yang sehari-harinya bekerja dengan menggunakan kendaraan terbuka di siang hari bolong (misalnya sales dengan sepeda motor) mungkin dapat menceritakan dengan lebih jelas beta-pa panasnya sinar matahari yang menyengat punggung mereka.

Fakta #5: Habisnya Gletser-Sumber Air Bersih Dunia

Mencairnya gletser-gletser dunia mengancam ketersediaan air bersih, dan pada jangka panjang akan turut menyumbang peningkatan level air laut dunia. Dan sayangnya itulah yang terjadi saat ini. Gletser-gletser dunia saat ini mencair hingga titik yang mengkhawatirkan!.

NASA mencatat bahwa sejak tahun 1960 hingga 2005 saja, jumlah gletser-gletser di berbagai belahan dunia yang hilang tidak kurang dari 8.000 meter kubik! Para ilmuwan NASA kini telah menyadari bahwa cairnya gletser, cairnya es di kedua kutub bumi, meningkatnya temperatur bumi secara global, hingga meningkatnya level air laut merupakan bukti-bukti bahwa planet bumi sedang terus memanas. Dan dipastikan bahwa umat manusialah yang bertanggung jawab untuk hal ini.

http://www.sejutablog.com/pemanasan-global-ancaman-terbesar-planet-bumi/

About these ads
Categories: iseng, lingkungan Tags: , ,
  1. Griffin
    March 3, 2009 at 06:42

    Just dropping by.Btw, you website have great content!

    ______________________________
    Unlimited Public Records Searches!

  2. merlot
    May 27, 2009 at 11:39

    kiat harus menyelamatkan dunia

    demi ank dan cucu kita!!!!!!!!!!!!!!

    • Widis™
      January 17, 2010 at 05:53

      Ngomong doank lw…. Cba buktikan Begoo…

  3. bulubala
    June 24, 2009 at 02:26

    well, have u take action on it ??

    • Widis™
      January 17, 2010 at 05:55

      Omdo lw..

  4. boycreations
    August 12, 2009 at 14:14

    wah-wah…mengerikan…

  5. September 10, 2009 at 04:39

    sangat menakutkan

  6. boUwz
    September 14, 2009 at 15:06

    udah ssah d atur zaman skrg ni….

    • Widis™
      January 17, 2010 at 05:53

      Ya udh mati aja lw kelaut….

  7. shella
    September 24, 2009 at 04:59

    lets to Stop Global Warming……..!!!!!!!!!!!!!!!!

  8. November 18, 2009 at 07:26

    SAVE OUR WORLD”
    “.”

  9. November 20, 2009 at 13:05

    stop global warming
    save energy

  10. L@2
    December 12, 2009 at 08:35

    sHrZX MasyaRakat SadaR . . . . .

    N jnGn TerLalu SeYinG gUnaiN ParfumYo

    • Widis™
      January 17, 2010 at 05:54

      Betul…. Betulll… Ingat kata2 lw. Jgn2 lw msh make..

  11. agrica
    December 15, 2009 at 03:02

    Mkanya, pke minyak wangi aja..hehehe

  12. WILMA
    December 22, 2009 at 04:13

    GLOBAL WARNING OF GLOBAL WARMING…
    SAVE OUR WORLD WITH PREVENT THE GLOBAL WARMING…
    GO GREEN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  13. December 24, 2009 at 09:06

    walah-walah,liat donx,,,,,,,,
    klo ini terjadi tyuz-meneyuz gmn khidupan di tahun yang kn datang????
    ayo donx sadar!hijaukan bumi kita.ukkeeyy,

    • fitri
      May 8, 2010 at 04:09

      good ….

  14. june30
    December 28, 2009 at 14:53

    great blog

    nice pict ..

    go green guys

  15. agung
    December 30, 2009 at 03:18

    we die,you die.
    the world is destroy…
    sukuri apa yang ada…
    hidup adalah anugrah…

  16. agrica
    January 3, 2010 at 01:31

    @all..Let’s stop global warming together

  17. January 5, 2010 at 12:36

    Great post. This kind of post is what i was looking so far. It’s really hard to find this kind of post this day. thank you so much for the info. I’ll follow your next posts.

  18. Metaler
    January 13, 2010 at 11:59

    wihh ngerinya klo kejadian itu terjadi beneran

    • Widis™
      January 17, 2010 at 05:52

      Makanya jgn merusak lingkungan…

  19. Widis™
    January 17, 2010 at 05:50

    wew, gile bener…
    Nih kalo sampe terjadi, menyelamtkan diri pke alatnya Doraemon aja…..
    Wah parah ni yg melakukan perbuatan Itu, “Mari Kita jaga lingkungan dengan cara: jgn memakai kendaraan bila tidak perlu(Jangan pamer punya kendaraan), matikan Lampu, AC, dan lain2, dan jgn melakukan perbuatan yang merusak lingkungan”Argh…..

  20. February 1, 2010 at 12:39

    semoga qt bisa mencegahnya sebelum terlambat

  21. tytie
    February 4, 2010 at 16:26

    kita haruz bisa safe our earth with our hands,,
    coz ntar yang bkalan kena dampaknya tu bkn qt doang, but de young generations,
    klo aq udh b’usha ngesafe bumi dgn cara, ga bnyaq make kantongan plastik.jd klo tiap x aku belanja, sebisa mungkin brg belanjaan aku ga d’tarok d’plastik, apa lagi klo brg blnjaannya dkt, gw ga prlu pke plstik n ckp d’tarok ke tas doang,,
    so, lets guys, safe our country with our hands, from now to yesterday,,

  22. NURMA MARCIA
    February 13, 2010 at 06:56

    kapn sich qt bisa lhat bumi ini tesenyum indah…???
    banyangin ja klo tiap hari harus di tambah kotoran……limbah dari hasil kerja manusia…..
    kurangi dampak global dumkkkkkkk……………!!!!!!!!

  23. DEASY
    February 15, 2010 at 09:17

    semua itu berawal dari kita,yg mengabaikannya
    aq rasa kita bukannya gak bisa tapi kita memang sengaja mengabaikannya,………………………….
    aq c yakin2 aja kita bisa perbaikai semua itu IA KAN…………
    DENGAN KEPEDULIAN DAN KEBERSAMAAN KITA
    BETUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUL KKKKKKKKKKKKKKKKAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAANNNNNNNNNNNNNNNNNN…………..
    thank
    GBU all

  24. rahma
    February 21, 2010 at 01:45

    ayo semuanya sadar!!!!!!!!!!! jangan sampek kita kehilangan bumi yg indah ini. ayo semuanya tanam pohon. mari kita cegah sebelum terlambat!

  25. jimmy
    March 13, 2010 at 08:08

    betapa mengerikan ya keadan bumi ini, adakah pemerintah yang menanggapi soal global worming ini, kasihan bumi ini wahai pemerintah, kalian makan dan minum dari hasil bumi ini, tetapi kalian malah merusak nya manusia model apa kalian ini, sungguh kasihan bumi ini, sekarang kita hanya bisa berdoa kepada ALLAH SWT tentang buruk nya kondisi bumi ini, kita manusia tidak bisa membuat, tapi malah merusak nya, memang manusia tak sempurna, tapi kalau begini yah sudah kelewatan masak alam di permainkan ,untuk itu maukah bumi kita ini dipermainkan oleh tangan tak bertanggung jawab, tidak kan, oleh karena itu kita cegah pemanasan global dengan cara menanam pohon, melakukan tebang pilih, tidak membakar hutan, apa hanya demi uang kalian tangan tak bertanggung jawab akan merusak arsip dunia yang tak ternilai ini kalau bukan kebaikan ALLAH SWT, kalian sudah mati kelaparan dan kehausan, aku mohon untuk kalian tangan tak bertanggung jawab bukalah mata hati kalian dan lihatlah alam yang kalian rusak, sudah terlalu parah, sekian dari saya, JANGAN MERUSAK ALAM

  26. debby
    March 14, 2010 at 07:30

    haduh,,,,,smuanya uda pada baca kan??????/
    mari jaga bumi kita
    smua itu juga buat kita kan

  27. Nurul
    March 23, 2010 at 10:00

    wow Msa Sich ……

  28. dzi Mizdhi
    March 24, 2010 at 08:03

    sbagi manusia yang beriman , kita harus bnyak-banyak berdoa supaya 2 tahun kemudian bumi qta menjadi lebih baeg dan para manusia nya mengerti akan baha nya ni smua bgi qta ,

  29. dzi Mizdhi
    March 24, 2010 at 08:05

    mari hijau kan bumi qita demi gnerasi bangsa yang berikut nya ,

  30. March 28, 2010 at 03:45

    kita hrs jg bumi ni yar,,,,,,,,,,sprti dlu klaaaaaaaaaaa

  31. March 28, 2010 at 03:46

    kita hrus jg bumi ni yar sprti dlu klaaaaaaaaaaaaa

  32. nhana
    May 1, 2010 at 04:12

    waw…..Qta harus muLai perbaiki kepunyaan ALLAH SWT, dari diri sendiri,muLai dari haL yang keciL dan muLai sat ini…

  33. kaori suruga
    May 3, 2010 at 03:03

    bner2. . . .
    bumi emang hrus djaga. . . . .
    klo bkan kta yg menjaga. . .
    spa lgi?????

  34. Riza Kids lampard™
    May 4, 2010 at 09:20

    Menanam pohon sampai besar itu butuh waktu yg sangat lama dan kita hanya punya waktu sampai tahun 2012 saja. Jadi apa yg harus kira perbuat ???JANGAN MERUSAK ALAM, JGN pke parfum sgala, lebih baik cari kendaraaan yg lebih ramah lingkungan seperti di jepang dgn mobil yg bahan bakarnya dari air atau motor yg diganti dgn BETRIX, HANCURKAN RUMAH KACA, hapus mall dan pabrik” karena memakan banyak listrik. jika smua ini tdk dilakukan dari sekarang ? KAPAN !!! ingat waktu kita hanya sampai 2012 untuk menyelamatkan bumi. smoga ALLAH SWT merestui doa” kita !!! amin FOR THE EARTH

  35. Hany
    May 5, 2010 at 09:37

    Ikh aku jadi takut kalau gitu aku mau sholat n berdoa apalagi 2012
    Mudah – mudahan tidak terjadi kerusakan di bumi ini
    I Love earth
    Yg menebang pohon juga harus mengganti pohon itu
    !!!!!!!

  36. Kemas
    May 6, 2010 at 00:33

    banyak orang sekarang ni lupa ma BUMI…
    mau gitu tar BUNI ni ancur,trus nanti semua manusia d Bumi ini di pendahain k Planet Uranus…?????
    trus sepesies manusia baru muncul karena manusia bumi kawin dengan mahluk planet uranus….
    ga kebayang lah gmn jadi nya kl BUMI ni ancur…
    so please save our earth with our everything can do….

  37. fitri
    May 8, 2010 at 04:06

    emang jaman skrang dunia tuh makin modern ,,, banyak orng yang kaya tetapi tidak ingat kepada sang maha pencipta semesta alam ini ,,
    apa jadinya klo bumi ini tidak ada? , pasti tidak ada kehidupan . bumi ini harus bnar” di jaga …
    banyak orang pula yang tidak peduli dengan bumi ini ..
    maka kita harus memelihara dan melindungi bumi ini..saiia jadi ngeri juga!!!
    banyak berdoa dan shalat ya ..
    okey ..
    is all the best for earth ……

    • fitri
      May 8, 2010 at 04:17

      Yes 2012 really thriller!!!!!!!!!

  38. May 11, 2010 at 03:53

    Conhe?e a TRM Hospedagem ? ?timo site para hosting.

    Obrigado

  39. nanshe
    May 16, 2010 at 12:02

    jangan biarkan bumi ini hancur karena ulah kita sendiri….
    sadarlah dan lakukanlah yang terbaik untuk bumi kita yang tercinta ini……..

  40. May 20, 2010 at 06:59

    ya Allah aku bertawakal padamu hamba mohon yang terbaik bagi kami para hambamu yang lemah ini!!!!!kami hanyalah manusia biasa yang bukan apa-apa!!!!!1bismillahirohmaniroqhim……bumi akan selamat!!!!amien

  41. May 28, 2010 at 01:09

    mkanya,,, ayoo let’s go green…
    one man one tree

  42. September 20, 2010 at 04:17

    Ayooo…..
    kita jaga bumi kita dari kesengsaraan ini…..
    one man ten trees…..!!!!

  43. ghyna
    October 1, 2010 at 04:01

    hijaukan bumi kita………………

  44. hasby
    October 8, 2010 at 10:36

    GO GREEN. . .
    kita bagian dari masalah, tapi kita juga sebagai solusi ..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: